Standar Pelayanan Sircumsisi

STANDAR PELAYANAN

Jenis Pelayanan : TINDAKAN SIRCUMSISI

STANDAR PELAYANAN SERVICE DELIVERY

NO.KOMPONENURAIAN
1.Persyaratan Pelayanana. FC KTP
b. FC KK
c. Kartu Jaminan Kesehatan (BPJS)
2.Sistem, mekanisme, dan prosedurProsedur Pelayanan Tindakan sircumsisi:
1.    Klien mendaftarkan diri
2.    Petugas mengarahkan klien ke ruang Tindakan
3.    Petugas memastikan kebenaran data klien dengan memanggil 2 identitas
4.    Petugas melakukan anamnesa klien
5.    Petugas melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital
6.    Petugas menjelaskan tujuan  dan prosedur pelaksanaan
7.    Petugas menanyakan persetujuan/kesiapan klien dan menandatangani formulir persetujuan tindakan
8.    Petugas mencuci tangan
9.    Petugas menyiapkan alat
10. Petugas mengatur posisi klien senyaman mungkin
11. Petugas mendekatkan alat kedekat klien atau tempat yang mudah dijangkau petugas
12. Petugas memakai handscoon/sarung tangan
13. Petugas melakukan asepsis dan anestesi 
14. Petugas melakukan release (melepaskan   perlengketan dan membersihkan kotoran smegma
15.  Petugas melakukan Insisi ( membuang  preputium)
16. Hemostasi (mengontrol perdarahan)
17. Wound   suture (menjahit luka)
18. Wound care (merawat luka)
19. Memberikan obat
20. Petugas memberitahu klien bahwa tindakan sudah selesai
21. Merapikan alat, merendam dalam larutan clorin 0.5 %
22. Memberikan konseling untuk perwatan luka, dan kunjungan ulang setelah pelepasan jahitan
23. Petugas mengarahkan klien ke Apotek dan ke Kasir untuk melakukan pembayaran bila klien Umum
3.Jangka Waktu Penyelesaian60 menit
4.Biaya/tarif* Pelayanan ini tidak berbiaya bagi Peserta BPJS
* Bagi Pelanggan umum di kenakan biaya Rp. 230.000 berdasarkan perda Kutai Barat No. 11 Tahun 2012 tentang retribusi daerah
5.Produk PelayananPelayanan Tindakan Sircumsisi
6.Penanganan pengaduan, saran dan masukanProsedur penanganan pengaduan dilaksanakan sebagai berikut:
a. Masyarakat menyampaikan pengaduan melalui:
*Media tertulis Masyarakat dapat menyampaikan aduannya melalui kotak saran yang disediakan di sekitar tempat pelayanan, atau dapat juga diserahkan langsung kepada petugas jaga.
*Melalui telepon/ HP 081213077838
* Media langsung / tatap muka Masyarakat pengadu akan ditemui langsung oleh petugas pelayanan pengaduan masyarakat
* Email : puskesmas.barongtongkok@yahoo.com
* FB : Puskesmas Barong Tongkok
b. Seluruh pengaduan masyarakat akan di catat dalam buku pengaduan masyarakat
c. Seluruh pengaduan masyarakat akan langsung di proses bila di sertai dengan nama identitas lengkap dalam waktu 24 jam oleh petugas  

JENIS PELAYANAN MANUFACTURING

NO.KOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukuma. Perda Kutai Barat No.11 Tahun 2012 Tentang Restribusi Daerah
b. Peraturan Bupati Kutai Barat No. 08 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat
c. PMK No.65 tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan
d. Peraturan Menteri kesehatan RI No.28 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
e. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.75 Tahun 2015 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2.Sarana, prasarana, dan/atau fasilitasa.    Meja / bed klien
b.    Alat Tulis kantor
c.    Meja dan kursi
d.    Kursi Tunggu
e.    APD
f.     Tensi
g.    Stetoskop
h.    Minor set (gunting dengan ujung tajam dan tumpul, pinset anatomis, Klem lurus 3 buah, Klem bengkok (mosquito) 1 buah, Neddle holder 1 buah- semuanya berukuran kecil sedang bukan yang besar-besar Wadah stainles untuk minor set- semuanya ini dalam kondisi steril 
i.      Jarum cutting ukuran kecil-sedang dan benang cat-gut  plain ( lebih baik lagi bila ada yang atraumatik)
j.      Spuit 3 cc dan lidocain 2% atau Pehacain 
k.    Kassa steril yang cukup 
l.      Plester
m.  Trifamycetin zalf atau sofratule bila ada
n.    Duk steril bolong
o.    handskun steril ukuran sesuai tangan 
p.    Meja untuk pasien berbaring beserta perlaknya
q.    Kipas angin
r.     Serta pencahayaan yang baik atau headlamp
s.    Adrenalin yang sudah dimasukkan dalam spuit untuk jaga-jaga saja 
t. Alkohol 70 % dan betadine 
3.Kompetensi pelaksanaa. Pendidikan:
* Dokter : minimal S1 Kedokteran
* Perawat : minimal D3 Keperawatan
* Bidan : minimal D3 Kebidanan
b. Pengetahuan Kerja:
* Memahami Tupoksi unit kerjanya
* Memahami mekanisme dan administrasi pelayanan
* Mengetahui dan memahami prosedur pelaksanaan pelayanan
* Mengetahui dan memahami peraturan terkait pelayanan
c. Keterampilan Kerja:
* Dapat mengoperasikan computer
* Dapat bekerja sama dalam team
* Teliti, cermat dan cekatan
* Dapat berkomunikasi dengan baik
d. Disiplin, Jujur dan Tanggungjawab
4.Pengawasan internala. Pengawasan dilakukan oleh atasan langsung pejabat yang di tugaskan
b. Petugas yang di tugaskan wajib melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan langsung
5.Jumlah pelaksanaa. Dokter 5 orang
b. Bidan 21 orang
c. Perawat 32  Orang
d. Setiap Tindakan dilayani oleh 1 sampai 2 orang petugas
6.Jaminan PelayananDiwujudkan dalam kualitas proses layanan dan produk layanan yang di dukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugas nya dengan perilaku pelayanan yang teliti, terampil, cepat, tepat, dan santun
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanana. Sekuriti Kantor
b. Team Keselamatan Klien Puskesmas Barong Tongkok
8.Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja pelaksana akan di laksanakan dengan:
a. Penilaian Kinerja pegawai dengan SKP
b. Penilaian perilaku pegawai

Hubungi Kami

UPT Puskesmas Barong Tongkok
Jl. R.A. Kartini Kec. Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur Email – barongtongkokpkm@kutaibaratkab.go.id

Powered By