Standar Pelayanan Perawatan Luka

STANDAR PELAYANAN

Jenis Pelayanan : TINDAKAN PERAWATAN LUKA

STANDAR PELAYANAN SERVICE DELIVERY

NO.KOMPONENURAIAN
1.Persyaratan Pelayanana. FC KTP
b. FC KK
c. Kartu Jaminan Kesehatan (BPJS)
2.Sistem, mekanisme, dan prosedurProsedur Pelayanan Tindakan angkat jahitan:
1.    Klien mendaftarkan diri
2.    Petugas mengarahkan klien ke ruang Tindakan
3.    Petugas memastikan kebenaran data klien dengan memanggil 2 identitas
4.    Petugas melakukan anamnesa klien
5.    Petugas melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital
6.    Petugas menjelaskan tujuan  dan prosedur pelaksanaan
7.    Petugas menanyakan persetujuan/kesiapan klien dan menandatangani formulir persetujuan tindakan
8.    Petugas mencuci tangan
9.    Petugas menyiapkan alat
10. Petugas mengatur posisi klien senyaman mungkin
11. Petugas mendekatkan alat kedekat klien atau tempat yang mudah dijangkau petugas
12. Petugas memakai handscoon/sarung tangan
13. Petugas melepaskan dan Mengangkat pembalut bila lengket pada luka dibasahi atau dikompres dengan NaCl
14. Petugas melihat  keadaan luka terhadap :  Bau,Warna dasar luka ( merah muda (luka,merah, kuning dan hitam),Tanda Infeksi dan kondisi jahitan. bila perlu lakukan palpasi luka dengan menggunakan tangan  untuk mengkaji  apakah terdapat puss atau tidak
15. Petugas membersihkan luka dengan NaCl
16. Petugas mengeringkan luka dengan kasa
17. Petugas menutup luka :
a.    Beri topikal therapy bila diperlukan
b.    Kompres dengan kasa lembab jika kondisi luka masih basah atau langsung  ditutup dengan kasa kering
18. Petugas menutup luka dengan plester
19. Beritahu klien bahwa tindakan sudah selesai
20. Merapikan alat, merendam dalam larutan clorin 0.5 %
21. Memberikan konseling untuk perwatan luka, dan kunjungan ulang
22. Petugas mengarahkan klien ke Apotek dan ke Kasir untuk melakukan pembayaran bila klien Umum
3.Jangka Waktu Penyelesaian60 menit
4.Biaya/tarif* Pelayanan ini tidak berbiaya bagi Peserta BPJS
* Bagi Pelanggan umum di kenakan biaya Rp. 13.000 untuk perawatan luka sederhana dan Rp. 25.000 untuk perawatan luka dengan penyulit berdasarkan perda Kutai Barat No. 11 Tahun 2012 tentang retribusi daerah
5.Produk PelayananPelayanan Perawatan Luka
6.Penanganan pengaduan, saran dan masukanProsedur penanganan pengaduan dilaksanakan sebagai berikut:
a. Masyarakat menyampaikan pengaduan melalui:
*Media tertulis Masyarakat dapat menyampaikan aduannya melalui kotak saran yang disediakan di sekitar tempat pelayanan, atau dapat juga diserahkan langsung kepada petugas jaga.
*Melalui telepon/ HP 081213077838
* Media langsung / tatap muka Masyarakat pengadu akan ditemui langsung oleh petugas pelayanan pengaduan masyarakat
* Email : puskesmas.barongtongkok@yahoo.com
* FB : Puskesmas Barong Tongkok
b. Seluruh pengaduan masyarakat akan di catat dalam buku pengaduan masyarakat
c. Seluruh pengaduan masyarakat akan langsung di proses bila di sertai dengan nama identitas lengkap dalam waktu 24 jam oleh petugas  

JENIS PELAYANAN MANUFACTURING

NO.KOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukuma. Perda Kutai Barat No.11 Tahun 2012 Tentang Restribusi Daerah
b. Peraturan Bupati Kutai Barat No. 08 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat
c. PMK No.65 tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan
d. Peraturan Menteri kesehatan RI No.28 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
e. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.75 Tahun 2015 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2.Sarana, prasarana, dan/atau fasilitasa.    Meja / bed klien
b.    Alat Tulis kantor
c.    Meja dan kursi
d.    Kursi Tunggu
e.    APD
f.     Tensi
g.    Stetoskop
h.    Pinset anatomi / cirurgis
i.      Gunting
j.      Bengkok/Nierbek
k.    Bak instrumen
l.      Com
m.  NaCl 0,9 %
n.    Betadhine
o.    Kasa steril
p.    Plester
q.    Handscon, celemek, dan masker
r. Topikal theraphy
3.Kompetensi pelaksanaa. Pendidikan:
* Dokter : minimal S1 Kedokteran
* Perawat : minimal D3 Keperawatan
* Bidan : minimal D3 Kebidanan
b. Pengetahuan Kerja:
* Memahami Tupoksi unit kerjanya
* Memahami mekanisme dan administrasi pelayanan
* Mengetahui dan memahami prosedur pelaksanaan pelayanan
* Mengetahui dan memahami peraturan terkait pelayanan
c. Keterampilan Kerja:
* Dapat mengoperasikan computer
* Dapat bekerja sama dalam team
* Teliti, cermat dan cekatan
* Dapat berkomunikasi dengan baik
d. Disiplin, Jujur dan Tanggungjawab
4.Pengawasan internala. Pengawasan dilakukan oleh atasan langsung pejabat yang di tugaskan
b. Petugas yang di tugaskan wajib melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan langsung
5.Jumlah pelaksanaa. Dokter 5 orang
b. Bidan 21 orang
c. Perawat 32  Orang
d. Setiap Tindakan dilayani oleh 1 sampai 2 orang petugas
6.Jaminan PelayananDiwujudkan dalam kualitas proses layanan dan produk layanan yang di dukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugas nya dengan perilaku pelayanan yang teliti, terampil, cepat, tepat, dan santun
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanana. Sekuriti Kantor
b. Team Keselamatan Klien Puskesmas Barong Tongkok
8.Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja pelaksana akan di laksanakan dengan:
a. Penilaian Kinerja pegawai dengan SKP
b. Penilaian perilaku pegawai

Hubungi Kami

UPT Puskesmas Barong Tongkok
Jl. R.A. Kartini Kec. Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur Email – barongtongkokpkm@kutaibaratkab.go.id

Powered By