Standar Pelayanan Pemasangan Kateter Urine

STANDAR PELAYANAN

Jenis Pelayanan : PEMASANGAN KATETER URINE

STANDAR PELAYANAN SERVICE DELIVERY

NO.KOMPONENURAIAN
1.Persyaratan Pelayanana. FC KTP
b. FC KK
c. Kartu Jaminan Kesehatan (BPJS)
2.Sistem, mekanisme, dan prosedurProsedur Pelayanan pemasangan kateter urine:
1.    Klien mendaftarkan diri
2.    Petugas mengarahkan klien ke ruang Tindakan
3.    Petugas memastikan kebenaran data klien dengan memanggil 2 identitas
4.    Petugas melakukan anamnesa klien
5.    Petugas melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital
6.    Petugas menjelaskan tujuan  dan prosedur pelaksanaan
7.    Petugas menanyakan persetujuan/kesiapan klien dan menandatangani formulir persetujuan tindakan
8.    Petugas mencuci tangan
9.    Petugas menyiapkan alat
10. Petugas mendekatkan alat kedekat klien atau tempat yang mudah dijangkau petugas
11. Petugas memakai handscoon/sarung tangan
12. Petugas membantu mengatur posisi pasien dengan lutut ditekuk, paha fleksi, kaki diletakkan ditempat tidur
13. Petugas meletakkan nierbeken diantara kedua kaki pasien
14. Petugs membuka set steril, atur alat steril dengan memanfaatkan pinset dan meletakkan dialat steril
15. Petugas memegang glans penis atau membuka labia minora
16. Petugas melakukan desinfektan Penis/labia minora sekitar meatus uretra
17. Petugas mengolesi ujung kateter dengan jelly ( minta tolong asisten)
18. Petugas memasukkan kateter yang sudah diberi jelly kurang lebih 6-10 cm pada laki-laki dan 3-5 cm pada perempuan ke dalam lubang uretra
19. Petugas memastikan urine keluar
20. Petugas menyambungkan pada urine bag
21. Petugas melakukan Fiksasi dengan cara memberikan injeksi air aquades ke dalam folley kateter untuk mengembangkan balon kateter,supaya kateter tidak mudah terlepas (pemberian aquades sesuai aturan)
22. Petugas menarik dengan perlahan-lahan folley kateter untuk memastikan apakah kateter telah terfiksasi dengan aman
23. Petugas memfiksasi selang kateter dengan plester dengan plester dan letakkan selang kateter pada paha pasien
24. Petugas memberitahu klien bahwa tindakan sudah selesai
25. Petugas merapikan alat, merendam dalam larutan clorin 0.5 %, lalun membuang kateter kedalam sampah medis
26. Petugas mengarahkan klien ke Apotek dan ke Kasir untuk melakukan pembayaran bila klien Umum
3.Jangka Waktu Penyelesaian30 menit
4.Biaya/tarif* Pelayanan ini tidak berbiaya bagi Peserta BPJS
* Bagi Pelanggan umum di kenakan biaya Rp. 45.000 berdasarkan perda Kutai Barat No. 11 Tahun 2012 tentang retribusi daerah
5.Produk PelayananPelayanan Pemasangan Kateter Urine
6.Penanganan pengaduan, saran dan masukanProsedur penanganan pengaduan dilaksanakan sebagai berikut:
a. Masyarakat menyampaikan pengaduan melalui:
*Media tertulis Masyarakat dapat menyampaikan aduannya melalui kotak saran yang disediakan di sekitar tempat pelayanan, atau dapat juga diserahkan langsung kepada petugas jaga.
*Melalui telepon/ HP 081213077838
* Media langsung / tatap muka Masyarakat pengadu akan ditemui langsung oleh petugas pelayanan pengaduan masyarakat
* Email : puskesmas.barongtongkok@yahoo.com
* FB : Puskesmas Barong Tongkok
b. Seluruh pengaduan masyarakat akan di catat dalam buku pengaduan masyarakat
c. Seluruh pengaduan masyarakat akan langsung di proses bila di sertai dengan nama identitas lengkap dalam waktu 24 jam oleh petugas  

JENIS PELAYANAN MANUFACTURING

NO.KOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukuma. Perda Kutai Barat No.11 Tahun 2012 Tentang Restribusi Daerah
b. Peraturan Bupati Kutai Barat No. 08 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat
c. PMK No.65 tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan
d. Peraturan Menteri kesehatan RI No.28 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
e. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.75 Tahun 2015 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2.Sarana, prasarana, dan/atau fasilitasa.    Meja / bed klien
b.    Alat Tulis kantor
c.    Meja dan kursi
d.    Kursi Tunggu
e.    APD
f.     Tensi
g.    Stetoskop
h.    Handscon
i.      Pinset anatomi
j.      Bengkok/Nierbek
k.    Com
l.      Betadhin
m.  Kasa steril
n.    Plester
o.    Handscon, celemek, dan masker
p.    Jelly
q.    Aquades
r.     Urine bag
s.    Kateter urin sesuai ukuran
t. Spoit 5 ml
3.Kompetensi pelaksanaa. Pendidikan:
* Dokter : minimal S1 Kedokteran
* Perawat : minimal D3 Keperawatan
* Bidan : minimal D3 Kebidanan
b. Pengetahuan Kerja:
* Memahami Tupoksi unit kerjanya
* Memahami mekanisme dan administrasi pelayanan
* Mengetahui dan memahami prosedur pelaksanaan pelayanan
* Mengetahui dan memahami peraturan terkait pelayanan
c. Keterampilan Kerja:
* Dapat mengoperasikan computer
* Dapat bekerja sama dalam team
* Teliti, cermat dan cekatan
* Dapat berkomunikasi dengan baik
d. Disiplin, Jujur dan Tanggungjawab
4.Pengawasan internala. Pengawasan dilakukan oleh atasan langsung pejabat yang di tugaskan
b. Petugas yang di tugaskan wajib melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan langsung
5.Jumlah pelaksanaa. Dokter 5 orang
b. Bidan 21 orang
c. Perawat 32  Orang
d. Setiap Tindakan dilayani oleh 1 sampai 2 orang petugas
6.Jaminan PelayananDiwujudkan dalam kualitas proses layanan dan produk layanan yang di dukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugas nya dengan perilaku pelayanan yang teliti, terampil, cepat, tepat, dan santun
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanana. Sekuriti Kantor
b. Team Keselamatan Klien Puskesmas Barong Tongkok
8.Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja pelaksana akan di laksanakan dengan:
a. Penilaian Kinerja pegawai dengan SKP
b. Penilaian perilaku pegawai

Hubungi Kami

UPT Puskesmas Barong Tongkok
Jl. R.A. Kartini Kec. Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur Email – barongtongkokpkm@kutaibaratkab.go.id

Powered By