Standar Pelayanan KB Suntik

STANDAR PELAYANAN

Jenis Pelayanan : SUNTIK KB

STANDAR PELAYANAN SERVICE DELIVERY

NO.KOMPONENURAIAN
1.Persyaratan Pelayanan–     FC KTP 1 Lembar
–     FC KK
–     FC BPJS
– Kartu berobat
2.Sistem, mekanisme, dan prosedurProsedur Pelayanan Suntik KB :
1.    Klien mendaftarkan diri ke loket pendaftaran
2.    Petugas pendaftaran mengarahkan klien ke ruang Poli KB
3.    Petugas mengidentifikasi klien dengan menanyakan nama, tanggal lahir atau alamat (minimal dua data) dan mencocokan dengan rekam medis klien.
4.    Petugas melakukan anamnesa kepada klien.
5.    Petugas melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital ibu (tekanan darah, suhu, nadi dan respirasi), timbang berat badan dan ukur tinggi badan.
6.    Berikan informasi umum tentang keluarga berencana
7.    Petugas menjelaskan kemungkinan-kemungkinan efek samping suntik KB, sampai benar-benar dimengerti oleh klien
8.    Petugas menjelaskan prosedur dan maksud dari tindakan
9.    Petugas mencuci tangan
10. Jika ada endapan Kocok Vial DMPA/ Cyclofem agar tercampur.
11. Buka tutup vial yang menutupi karet.
12. Buka spuit, sedot cairan DMPA/ Cyclofem.
13. Anjurkan Klien untuk mengatur posisi senyaman mungkin.
14. Anjurkan ibu untuk menurunkan sedikit pakaian yang menutupi   bagian bokong.
15. Tentukan bagian dari SIAS dekstra atau sinistra dan os cogcygic.
16. Desinfeksi terlebih dahulu bagian yang akan disuntik dengan mengusapkan kapas alcohol secara sirkuler.
17. Memberitahu Ibu akan segera disuntik. Injeksi secara IM (sudut ) dengan perlahan dan tarik kembali secara perlahan.
18. Usap bekas suntikan.
19. Jelaskan pada ibu waktu kunjungan ulang yakni 28 hari untuk suntikan Cyclofem, dan 3 bulan untuk suntikan DMPA.
20. Petugas mengarahkan klien ke Apotek dan ke Kasir untuk melakukan pembayaran bila klien Umum
3.Jangka Waktu Penyelesaian60 menit
4.Biaya/tarif* Pelayanan ini tidak berbiaya bagi Peserta BPJS
* Bagi Pelanggan umum di kenakan biaya Rp. 10.000 berdasarkan perda Kutai Barat No. 11 Tahun 2012 tentang retribusi daerah
5.Produk PelayananPelayanan Pil KB
5.Penanganan pengaduan, saran dan masukanProsedur penanganan pengaduan dilaksanakan sebagai berikut:
a. Masyarakat menyampaikan pengaduan melalui:
*Media tertulis Masyarakat dapat menyampaikan aduannya melalui kotak saran yang disediakan di sekitar tempat pelayanan, atau dapat juga diserahkan langsung kepada petugas jaga.
*Melalui telepon/ HP 081213077838
* Media langsung / tatap muka Masyarakat pengadu akan ditemui langsung oleh petugas pelayanan pengaduan masyarakat
* Email : puskesmas.barongtongkok@yahoo.com
* FB : Puskesmas Barong Tongkok
b. Seluruh pengaduan masyarakat akan di catat dalam buku pengaduan masyarakat
c. Seluruh pengaduan masyarakat akan langsung di proses bila di sertai dengan nama identitas lengkap dalam waktu 24 jam oleh petugas  

JENIS PELAYANAN MANUFACTURING

OKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukuma. Perda Kutai Barat No.11 Tahun 2012 Tentang Restribusi Daerah
b. Peraturan Bupati Kutai Barat No. 08 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat
c. PMK No.65 tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan
d. Peraturan Menteri kesehatan RI No.28 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
e. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.75 Tahun 2015 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2.Sarana, prasarana, dan/atau fasilitasa.    Meja pendaftaran
b.    Alat Tulis kantor
c.    Meja dan kursi
d.    Kursi Tunggu
e.    ATK
f.     APD
g.    Tensi
h.    Stetoskop
i.      Timbangan
j.      Thermometer
k.    DMPA atau Cyclofem.
l.      Spuit 3 cc
m. Kapas Alkohol
3.Kompetensi pelaksanaa. Pendidikan:
* Bidan : minimal D3 Kebidanan
b. Pengetahuan Kerja:
* Memahami Tupoksi unit kerjanya
* Memahami mekanisme dan administrasi pelayanan
* Mengetahui dan memahami prosedur pelaksanaan pelayanan
* Mengetahui dan memahami peraturan terkait pelayanan
c. Keterampilan Kerja:
* Dapat mengoperasikan computer
* Dapat bekerja sama dalam team
* Teliti, cermat dan cekatan
* Dapat berkomunikasi dengan baik
d. Disiplin, Jujur dan Tanggungjawab
4.Pengawasan internala. Pengawasan dilakukan oleh atasan langsung pejabat yang di tugaskan
b. Petugas yang di tugaskan wajib melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan langsung
5.Jumlah pelaksanaa.    Bidan 21 orang
b. Untuk setiap pelayanan di layani oleh 1 sampai 2 orang bidan
6.Jaminan PelayananDiwujudkan dalam kualitas proses layanan dan produk layanan yang di dukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugas nya dengan perilaku pelayanan yang teliti, terampil, cepat, tepat, dan santun
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanana. Sekuriti Kantor
b. Team Keselamatan Klien Puskesmas Barong Tongkok
8.Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja pelaksana akan di laksanakan dengan:
a. Penilaian Kinerja pegawai dengan SKP
b. Penilaian perilaku pegawai

Hubungi Kami

UPT Puskesmas Barong Tongkok
Jl. R.A. Kartini Kec. Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur Email – barongtongkokpkm@kutaibaratkab.go.id

Powered By