Standar Pelayanan Irigasi Telinga

STANDAR PELAYANAN

Jenis Pelayanan : TINDAKAN IRIGASI TELINGA

STANDAR PELAYANAN SERVICE DELIVERY

NO.KOMPONENURAIAN
1.Persyaratan Pelayanana. FC KTP
b. FC KK
c. Kartu Jaminan Kesehatan (BPJS)
2.Sistem, mekanisme, dan prosedurProsedur Pelayanan Tindakan irigasi telinga:
1.    Klien mendaftarkan diri
2.    Petugas mengarahkan klien ke ruang Tindakan
3.    Petugas memastikan kebenaran data klien dengan memanggil 2 identitas
4.    Petugas melakukan anamnesa klien
5.    Petugas melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital
6.    Petugas menjelaskan tujuan  dan prosedur pelaksanaan
7.    Petugas menanyakan persetujuan/kesiapan klien dan menandatangani formulir persetujuan tindakan
8.    Petugas mencuci tangan
9.    Petugas menyiapkan alat
10. Petugas mengatur posisi klien senyaman mungkin, letakan alas handuk di bawah kepala klien
11. Petugas mendekatkan alat kedekat klien atau tempat yang mudah dijangkau petugas
12. Petugas memakai handscoon/sarung tangan
13. Petugas memasang bengkok untuk menampung cairan disisi telinga yang akan diirigasi.
14. Petugas menyemprotkan cairan menggunakan spuit 10cc atau 30 cc yang ujungnya dipasang jarum plastik venvlon secara perlahan-lahan,
15. Petugas memiiringkan kepala mendekati bengkok agar cairan yang dimasukkan kedalam telinga dapat keluar
16. Setelah penyemprotan dianggap cukup
17. Petugas mengevaluasi tindakan
18.  Petugas mencuci alat, keringkan dan sterilkan
19. Lakukan pencatatan pada status klien dan register
20. Beritahu klien bahwa tindakan sudah selesai
21. Petugas mengarahkan klien ke Apotek dan ke Kasir untuk melakukan pembayaran bila klien Umum
3.Jangka Waktu Penyelesaian30 menit
4.Biaya/tarif* Pelayanan ini tidak berbiaya bagi Peserta BPJS
* Bagi Pelanggan umum di kenakan biaya Rp. 20.000 berdasarkan perda Kutai Barat No. 11 Tahun 2012 tentang retribusi daerah
5.Produk PelayananPelayanan Tidakan Irigas Telinga
6.Penanganan pengaduan, saran dan masukanProsedur penanganan pengaduan dilaksanakan sebagai berikut:
a. Masyarakat menyampaikan pengaduan melalui:
*Media tertulis Masyarakat dapat menyampaikan aduannya melalui kotak saran yang disediakan di sekitar tempat pelayanan, atau dapat juga diserahkan langsung kepada petugas jaga.
*Melalui telepon/ HP 081213077838
* Media langsung / tatap muka Masyarakat pengadu akan ditemui langsung oleh petugas pelayanan pengaduan masyarakat
* Email : puskesmas.barongtongkok@yahoo.com
* FB : Puskesmas Barong Tongkok
b. Seluruh pengaduan masyarakat akan di catat dalam buku pengaduan masyarakat
c. Seluruh pengaduan masyarakat akan langsung di proses bila di sertai dengan nama identitas lengkap dalam waktu 24 jam oleh petugas  

JENIS PELAYANAN MANUFACTURING

NO.KOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukuma. Perda Kutai Barat No.11 Tahun 2012 Tentang Restribusi Daerah
b. Peraturan Bupati Kutai Barat No. 08 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat
c. PMK No.65 tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan
d. Peraturan Menteri kesehatan RI No.28 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
e. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.75 Tahun 2015 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2.Sarana, prasarana, dan/atau fasilitasa.    Meja / bed klien
b.    Alat Tulis kantor
c.    Meja dan kursi
d.    Kursi Tunggu
e.    APD
f.     Tensi
g.    Stetoskop
h.    Spuit 10cc atau 30cc.
i.      Jarum plastik venvlon No. 20 atau 18.
j.      Kom.
k.    Kassa.
l.      Senter atau lampu.
m.  Handuk.
n.    Bengkok
o.    Handscoon
p. Air hangat Cairan Desinfeksi
3.Kompetensi pelaksanaa. Pendidikan:
* Dokter : minimal S1 Kedokteran
* Perawat : minimal D3 Keperawatan
* Bidan : minimal D3 Kebidanan
b. Pengetahuan Kerja:
* Memahami Tupoksi unit kerjanya
* Memahami mekanisme dan administrasi pelayanan
* Mengetahui dan memahami prosedur pelaksanaan pelayanan
* Mengetahui dan memahami peraturan terkait pelayanan
c. Keterampilan Kerja:
* Dapat mengoperasikan computer
* Dapat bekerja sama dalam team
* Teliti, cermat dan cekatan
* Dapat berkomunikasi dengan baik
d. Disiplin, Jujur dan Tanggungjawab
4.Pengawasan internala. Pengawasan dilakukan oleh atasan langsung pejabat yang di tugaskan
b. Petugas yang di tugaskan wajib melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan langsung
5.Jumlah pelaksanaa. Dokter 5 orang
b. Bidan 21 orang
c. Perawat 32  Orang
d. Setiap Tindakan dilayani oleh 1 sampai 2 orang petugas
6.Jaminan PelayananDiwujudkan dalam kualitas proses layanan dan produk layanan yang di dukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugas nya dengan perilaku pelayanan yang teliti, terampil, cepat, tepat, dan santun
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanana. Sekuriti Kantor
b. Team Keselamatan Klien Puskesmas Barong Tongkok
8.Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja pelaksana akan di laksanakan dengan:
a. Penilaian Kinerja pegawai dengan SKP
b. Penilaian perilaku pegawai

Hubungi Kami

UPT Puskesmas Barong Tongkok
Jl. R.A. Kartini Kec. Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur Email – barongtongkokpkm@kutaibaratkab.go.id

Powered By