Standar Pelayanan Biduk Perahu

STANDAR PELAYANAN

Jenis Pelayanan : Pelayanan Biduk Perahu ( Bidan dan Dukun Pantau Kesehatan Ibu)

STANDAR PELAYANAN SERVICE DELIVERY

NO.KOMPONENURAIAN
1.Persyaratan Pelayanan–     FC KTP Ayah dan Ibu
–     FC KK
–     Buku KIA
–     Warga yang memiliki KTP Barong Tongkok atau ber domisili di wilayah Barong Tongkok
–     Pernah Kontrol atau atau memeriksakan diri ke Puskesmas Barong Tongkok
– Klien, Keluarga dan Dukun yang mendampingi di periksa Swab Antigen ( dalam masa Pandemi Covid)
2.Sistem, mekanisme, dan prosedurProsedur Pelayanan Biduk Perahu (Bidan dan Dukun Pantau Kesehatan Ibu) :
1.    Petugas mensosialisasikan program Biduk Perahu dengan ibu hamil di wilayah binaan nya
2.    Petugas melakukan membina Dukun Kampung yang ada di wilayah binaan nya
3.    Petugas membuat kesepakatan dengan dukun kampung di wilayah kerja nya tentang peran apa saja yang dapat di lakukan dukun selama masa kehamilan, persalinan, dan nifas
 4.    Petugas memperbolehkan semua kegiatan dukun selama dan sesudah proses persalinan yang berkaitan dengan kearifan lokal selama tidak berbahaya bagi ibu dan bayi
5.    Petugas dan dukun kampung bersama-sama memantau kesejahteraan ibu saat dan setelah proses persalinan
6. Petugas melakukan pendokumentasian dan membuat laporan
3.Jangka Waktu Penyelesaian24 Jam atau lebih
4.Biaya/tarif* Pelayanan ini tidak berbiaya bagi Peserta BPJS
* Bagi Pelanggan umum di kenakan biaya berdasarkan perda Kutai Barat No. 11 Tahun 2012 tentang retribusi daerah
5.Produk PelayananPelayanan Biduk Perahu ( Bidan dan Dukun Pantau Kesehatan Ibu)
5.Penanganan pengaduan, saran dan masukanProsedur penanganan pengaduan dilaksanakan sebagai berikut:
a. Masyarakat menyampaikan pengaduan melalui:
*Media tertulis Masyarakat dapat menyampaikan aduannya melalui kotak saran yang disediakan di sekitar tempat pelayanan, atau dapat juga diserahkan langsung kepada petugas jaga.
*Melalui telepon/ HP 081213077838
* Media langsung / tatap muka Masyarakat pengadu akan ditemui langsung oleh petugas pelayanan pengaduan masyarakat
* Email : puskesmas.barongtongkok@yahoo.com
* FB : Puskesmas Barong Tongkok
b. Seluruh pengaduan masyarakat akan di catat dalam buku pengaduan masyarakat
c. Seluruh pengaduan masyarakat akan langsung di proses bila di sertai dengan nama identitas lengkap dalam waktu 24 jam oleh petugas  

JENIS PELAYANAN MANUFACTURING

OKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukuma. Perda Kutai Barat No.11 Tahun 2012 Tentang Restribusi Daerah
b. Peraturan Bupati Kutai Barat No. 08 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat
c. PMK No.65 tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan
d. Peraturan Menteri kesehatan RI No.28 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
e. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.75 Tahun 2015 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2.Sarana, prasarana, dan/atau fasilitasa.    Meja pendaftaran
b.    Alat Tulis kantor
c.    Meja dan kursi
d.    Kursi Tunggu
e.    Set pemeriksaan Kehamilan dan Persalinan
f.     Partus Set
g.    Meja Persalinan
h.    Obat-obatan
i. Formulir
3.Kompetensi pelaksanaa. Pendidikan:
* Petugas pendaftaran : Minimal D3 sesuai dengan kebutuhan
* Bidan : minimal D3 Kebidanan
* Kepala Puskesmas : Minimal S1 sesuai Kebutuhan
b. Pengetahuan Kerja:
* Memahami Tupoksi unit kerjanya
* Memahami mekanisme dan administrasi pelayanan
* Mengetahui dan memahami prosedur pelaksanaan pelayanan
* Mengetahui dan memahami peraturan terkait pelayanan
c. Keterampilan Kerja:
* Dapat mengoperasikan computer
* Dapat bekerja sama dalam team
* Teliti, cermat dan cekatan
* Dapat berkomunikasi dengan baik
d. Disiplin, Jujur dan Tanggungjawab
4.Pengawasan internala. Pengawasan dilakukan oleh atasan langsung pejabat yang di tugaskan
b. Petugas yang di tugaskan wajib melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan langsung
5.Jumlah pelaksanaa.    Petugas pendaftaran 2 orang
b.    Petugas Tata Usaha 2 orang
c.    Bidan 21 orang
d.    Kepala Bagian Tata Usaha
e. Kepala Puskesmas
6.Jaminan PelayananDiwujudkan dalam kualitas proses layanan dan produk layanan yang di dukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugas nya dengan perilaku pelayanan yang teliti, terampil, cepat, tepat, dan santun
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanana. Sekuriti Kantor
b. Team Keselamatan Klien Puskesmas Barong Tongkok
8.Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja pelaksana akan di laksanakan dengan:
a. Penilaian Kinerja pegawai dengan SKP
b. Penilaian perilaku pegawai

Hubungi Kami

UPT Puskesmas Barong Tongkok
Jl. R.A. Kartini Kec. Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur Email – barongtongkokpkm@kutaibaratkab.go.id

Powered By