Standar Pelayanan Asuhan Persalinan Dengan Penyulit

STANDAR PELAYANAN

Jenis Pelayanan : ASUHAN PERSALINAN DENGAN PENYULIT

STANDAR PELAYANAN SERVICE DELIVERY

NO.KOMPONENURAIAN
1.Persyaratan Pelayanan–     FC KTP 1 Lembar
–     FC KK
–     Buku KIA
– FC BPJS
2.Sistem, mekanisme, dan prosedurProsedur Pelayanan Asuhan Persalinan Dengan Penyulit :
1.    Klien datang langsung di terima oleh petugas
2.    Keluarga Klien mendaftarkan klien
3.    Petugas melakukan swab Antigen bila hasil negative maka klien boleh masuk ke ruang VK
4.    Hanya ada 1 orang dari keluarga klien yang boleh mendampingi
5.    Melakukan anamnesa klien secara lengkap
6.    Melakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang
7. Melakukan pertolongan persalinan sesuai dengan 60 langkah Asuhan persalinan
8. Melakukan penanganan pada persalinan dengan kasus penyulit seperti distosia Bahu, Sungsang, Pre Eklamsia, perdarahan, partus lama dll sesuai dengan kasus
9. Melengkapi administrasi Persalinan sesuai dengan Metode pembayaran menggunakan BPJS, Jampersal atau Umum
3.Jangka Waktu Penyelesaian24 Jam atau lebih
4.Biaya/tarif* Pelayanan ini tidak berbiaya bagi Peserta BPJS
* Bagi Pelanggan umum di kenakan biaya Rp. 700.000 berdasarkan perda Kutai Barat No. 11 Tahun 2012 tentang retribusi daerah
5.Produk PelayananPelayanan ANC ( Antenatal Care)
5.Penanganan pengaduan, saran dan masukanProsedur penanganan pengaduan dilaksanakan sebagai berikut:
a. Masyarakat menyampaikan pengaduan melalui:
*Media tertulis Masyarakat dapat menyampaikan aduannya melalui kotak saran yang disediakan di sekitar tempat pelayanan, atau dapat juga diserahkan langsung kepada petugas jaga.
*Melalui telepon/ HP 081213077838
* Media langsung / tatap muka Masyarakat pengadu akan ditemui langsung oleh petugas pelayanan pengaduan masyarakat
* Email : puskesmas.barongtongkok@yahoo.com
* FB : Puskesmas Barong Tongkok
b. Seluruh pengaduan masyarakat akan di catat dalam buku pengaduan masyarakat
c. Seluruh pengaduan masyarakat akan langsung di proses bila di sertai dengan nama identitas lengkap dalam waktu 24 jam oleh petugas  

JENIS PELAYANAN MANUFACTURING

OKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukuma. Perda Kutai Barat No.11 Tahun 2012 Tentang Restribusi Daerah
b. Peraturan Bupati Kutai Barat No. 08 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat
c. PMK No.65 tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan
d. Peraturan Menteri kesehatan RI No.28 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
e. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.75 Tahun 2015 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2.Sarana, prasarana, dan/atau fasilitasa.    ATK
b.    APD ( celemek,handshone steril,tutup kepala,kacamata google,sepatu boot)
c.    Tensi
d.    Stetoskop
e.    Doppler dan jelly
f.     Partus set
g.    Bengkok
h.    Kapas sublimat dan kom
i.      Air DTT
j.      Larutan klorin 0,5%
k.    Baskom wadah air DTT dan air klorin
l.      Lampu sorot
m.  Pakaian bersih ibu dan bayi
n.    Wadah pakaian kotor
o. Tempat sampah medis dan non medis
3.Kompetensi pelaksanaa. Pendidikan:
* Bidan : minimal D3 Kebidanan
b. Pengetahuan Kerja:
* Memahami Tupoksi unit kerjanya
* Memahami mekanisme dan administrasi pelayanan
* Mengetahui dan memahami prosedur pelaksanaan pelayanan
* Mengetahui dan memahami peraturan terkait pelayanan
c. Keterampilan Kerja:
* Dapat mengoperasikan computer
* Dapat bekerja sama dalam team
* Teliti, cermat dan cekatan
* Dapat berkomunikasi dengan baik
d. Disiplin, Jujur dan Tanggungjawab
4.Pengawasan internala. Pengawasan dilakukan oleh atasan langsung pejabat yang di tugaskan
b. Petugas yang di tugaskan wajib melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan langsung
5.Jumlah pelaksanaa.    Bidan 21 orang
b. Untuk setiap pelayanan di layani 2 sampai 3 orang bidan
6.Jaminan PelayananDiwujudkan dalam kualitas proses layanan dan produk layanan yang di dukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugas nya dengan perilaku pelayanan yang teliti, terampil, cepat, tepat, dan santun
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanana. Sekuriti Kantor
b. Team Keselamatan Klien Puskesmas Barong Tongkok
8.Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja pelaksana akan di laksanakan dengan:
a. Penilaian Kinerja pegawai dengan SKP
b. Penilaian perilaku pegawai

Hubungi Kami

UPT Puskesmas Barong Tongkok
Jl. R.A. Kartini Kec. Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur Email – barongtongkokpkm@kutaibaratkab.go.id

Powered By