Standar Pelayanan AFF IMPLANT

STANDAR PELAYANAN

Jenis Pelayanan : PELEPASAN IMPLANT (SUSUK KB)

STANDAR PELAYANAN SERVICE DELIVERY

NO.KOMPONENURAIAN
1.Persyaratan Pelayanan–     FC KTP 1 Lembar
–     FC KK
–     FC BPJS
– Kartu berobat
2.Sistem, mekanisme, dan prosedurProsedur Pelayanan pelepasan Implant :
1.    Klien mendaftarkan diri ke loket pendaftaran
2.    Petugas pendaftaran mengarahkan klien ke ruang Poli KB
3.    Petugas mengidentifikasi klien dengan menanyakan nama, tanggal lahir atau alamat (minimal dua data) dan mencocokan dengan rekam medis klien.
4.    Petugas melakukan anamnesa kepada klien.
5.    Petugas melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital ibu (tekanan darah, suhu, nadi dan respirasi), timbang berat badan dan ukur tinggi badan.
6.    Petugas memeriksa jadwal pelepasan implant
7.    Petugas menjelaskan prosedur dan maksud tindakan
8.    Petugas mempersiapkan alat-alat yang di gunakan dan mendekatkan ke meja tindakan
9.    Petugas menyarankan klien mencuci lengan bagian atas
10. Petugas mengunakan APD yang sesuai dan mencuci tangan lalu memakai sarung tangan steril
11. Petugas memberikan tanda pada lokasi pencabutan implant, melakukan desinfeksi dengan betadine, lalu melakukan anastesi dengan menyuntikan lidocaine
12. Petugas melakukan uji efek anastesi
13. Petugas mebuat insisi 2 mm dengan ujung bisturi
14. Raba kapsul yang mudah dicabut dan dorong pelan- pelan ketempat insisi hingga ujung dapat dijepit melalui luka insisi
15. Jepit ujung kapsul dengan klem mosquito
16. Bersihkan kapsul dari jaringan yang menempel di kapsul dengan bisturi
17. Jepit ujung kapsul dengan clem penjepit kapsul
18. Lakukan hal yang sama untuk mengeluarkan kapsul yang kedua
19. Perlihatkan semua kapsul yang keluar pada klien
20. Rapatkan tepi luka insisi tutup dengan hepavic dan dibalut dengan kassa gulung
21. Rendam semua peralatan dalam larutan clorin 0,5 %
22. Buang semua BHP pada tempat yang telah disediakan lalu melepaskan Handscoon
23. Petugas mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir dan keringkan
24. Petugas mengisi pada kartu KB klien
25. Petugas mencuci tangan Kembali
26. Petugas mengarahkan klien ke Apotek dan ke Kasir untuk melakukan pembayaran bila klien Umum
3.Jangka Waktu Penyelesaian60 menit
4.Biaya/tarif* Pelayanan ini tidak berbiaya bagi Peserta BPJS
* Bagi Pelanggan umum di kenakan biaya Rp. 125.000 berdasarkan perda Kutai Barat No. 11 Tahun 2012 tentang retribusi daerah
5.Produk PelayananPelayanan Pelepasan Implant (Susuk KB)
5.Penanganan pengaduan, saran dan masukanProsedur penanganan pengaduan dilaksanakan sebagai berikut:
a. Masyarakat menyampaikan pengaduan melalui:
*Media tertulis Masyarakat dapat menyampaikan aduannya melalui kotak saran yang disediakan di sekitar tempat pelayanan, atau dapat juga diserahkan langsung kepada petugas jaga.
*Melalui telepon/ HP 081213077838
* Media langsung / tatap muka Masyarakat pengadu akan ditemui langsung oleh petugas pelayanan pengaduan masyarakat
* Email : puskesmas.barongtongkok@yahoo.com
* FB : Puskesmas Barong Tongkok
b. Seluruh pengaduan masyarakat akan di catat dalam buku pengaduan masyarakat
c. Seluruh pengaduan masyarakat akan langsung di proses bila di sertai dengan nama identitas lengkap dalam waktu 24 jam oleh petugas  

JENIS PELAYANAN MANUFACTURING

OKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukuma. Perda Kutai Barat No.11 Tahun 2012 Tentang Restribusi Daerah
b. Peraturan Bupati Kutai Barat No. 08 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat
c. PMK No.65 tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan
d. Peraturan Menteri kesehatan RI No.28 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
e. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.75 Tahun 2015 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2.Sarana, prasarana, dan/atau fasilitasa.    Meja pendaftaran
b.    Alat Tulis kantor
c.    Meja dan kursi
d.    Kursi Tunggu
e.    ATK
f.     APD
g.    Tensi
h.    Stetoskop
i.      Timbangan
j.      Thermometer
k.    Bak Instrumen lengkap dengan UP Implan Set ( Klem Musquito, Klem Penjepit implant, Bisturi)
l.      Handscoon  steril
m.  Kapas sublimat
n.    Bethadine
o.    Kassa Gulung kecil
p.    Spuit 3 cc
q.    Lidocain
r. Plester
3.Kompetensi pelaksanaa. Pendidikan:
* Bidan : minimal D3 Kebidanan
b. Pengetahuan Kerja:
* Memahami Tupoksi unit kerjanya
* Memahami mekanisme dan administrasi pelayanan
* Mengetahui dan memahami prosedur pelaksanaan pelayanan
* Mengetahui dan memahami peraturan terkait pelayanan
c. Keterampilan Kerja:
* Dapat mengoperasikan computer
* Dapat bekerja sama dalam team
* Teliti, cermat dan cekatan
* Dapat berkomunikasi dengan baik
d. Disiplin, Jujur dan Tanggungjawab
4.Pengawasan internala. Pengawasan dilakukan oleh atasan langsung pejabat yang di tugaskan
b. Petugas yang di tugaskan wajib melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan langsung
5.Jumlah pelaksanaa.    Bidan 21 orang
b. Untuk setiap pelayanan di layani oleh 1 sampai 2 orang bidan
6.Jaminan PelayananDiwujudkan dalam kualitas proses layanan dan produk layanan yang di dukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugas nya dengan perilaku pelayanan yang teliti, terampil, cepat, tepat, dan santun
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanana. Sekuriti Kantor
b. Team Keselamatan Klien Puskesmas Barong Tongkok
8.Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja pelaksana akan di laksanakan dengan:
a. Penilaian Kinerja pegawai dengan SKP
b. Penilaian perilaku pegawai

Hubungi Kami

UPT Puskesmas Barong Tongkok
Jl. R.A. Kartini Kec. Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur Email – barongtongkokpkm@kutaibaratkab.go.id

Powered By