Profil PKM Barong Tongkok

  1. LATAR BELAKANG

Puskesmas adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan yang amat penting di Indonesia dimana Puskesmas sebagai unit pelaksana teknis Dinas Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan Kesehatan sebagai pusat pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang Kesehatan serta pusat kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan kegiatan secara terpadu yang berkesinambungan pada masyarakat yang bertempat tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

Awal mula UPT Puskesmas Barong Tongkok dibangun pada Tahun 1975 kemudian pada Tahun 2019 telah dibangun gedung yang baru diarea tanah yang sama berdampingan dengan Gedung Puskesmas yang lama, secara geografis UPT Puskesmas Barong Tongkok merupakan salah satu Puskesmas yang berada di ibu kota kecamatan Barong Tongkok  dengan luas wilayah kerja 1.804.16 KM2  dimana sangat strategis karena terletak di Ibu Kota Sendawar

Secara Administratif UPT Puskesmas Barong Tongkok berbatasan dengan :

  • Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Tering
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan kecamatan Damai
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Melak, Kecamatan Sekolaq Darat dan Kecamatan Manor Bulatn
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Linggan Bingung dan Kecamatan Nyuatan

Status ijin operasional UPT Puskesmas Barong Tongkok dengan Nomor : 503/17/IQ-PTSP/XI/2017 dengan nomor registrasi : P 6402070101, Status Akreditasi Puskesmas adalah Madya dan sebagai Puskesmas Rawat Inaf.

Salah satu layanan kesehatan yang paling mudah diakses masyarakat adalah Puskesmas, jadi dapat dikatakan bahwa Puskesmas merupakan ujung tombak sistem pelayanan kesehatan di Indonesia, yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif dengan tidak mengesampingkan upaya pelayanan kuratif.

Sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan Nomor 128 Tahun 2004 Tentang kebijakan Dasar Puskesmas, Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama mempunyai 3 fungsi yaitu : (1) Pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan (2) Pusat pemberdayaan masyarakat (3) Pusat pelayanan kesehatan strata pertama dimana Puskesmas bertanggung jawab menyelenggarakan pelayanan terpadu dan berkesinambungan.

UPT Puskesmas Barong Tongkok juga merupakan Puskesmas sebagai Institusi Puskesmas wajib lapor ( IPWL ) dimana pelayanan ini lebih mengutamkan kepada masyarakat atau para remaja yang mengalami ketergantungan obat atau Norkoba, jadi pada masyarakat bisa melaporkan kepada Puskesmas agar mendapatkan pendampingan dan pengobatan dan semua identitas pasien menjadi rahasia dan tidak dipublikasikan demi kenyaman pasien.

Untuk memudahkan akses layanan kepada masyarakat UPT Puskesmas dibantu dengan jejaring yang sebanyak 11 puskesmas pembantu dan 2 pusat kesehatan masyarakat kampung ( PKMK )  fasilitas yang ada dibangun oleh pemerintah agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat selain jejaring juga ada 25 posyandu balita dan 16 posyandu lansia serta 10 clup prolanis yang tersebar dibeberapa kampung sebagai wilayah binaan UPT Puskesmas Barong Tongkok.

  1. Tujuan

Tujuan pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas yang tertera pada Pearturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 yang mana tujuan tersebut adalah untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki perilaku sehat yang meliputi kesadaran, kemauan dan kemampuan hudup sehat untuk mewujudkan masyarakat yang  sehat dalam lingkungan yang sehat

Untuk itu UPT Puskesmas Barong Tongkok berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan memperhatikan kebutuhan dan harapan pelanggan puskesmas, mengutamkan kepuasan pelanggan dengan melakukan peningkatan mutu layanan secara terus menerus

  1. VISI, MISI, MOTO , TATA NILAI, BUDAYA KERJA DAN MAKLUMAT PELAYANAN

A. VISI

MENJADI PUSKESMAS DENGAN PELAYANAN KESEHATAN YANG BERMUTU DAN MANDIRI MENUJU MASYARAKAT BARONG TONGKOK SEHAT

B. MISI

  • MENGGERAKKAN PEMBANGUNAN BERWAWASAN KESEHATAN
  • MENDORONG KEMANDIRIAN HIDUP SEHAT BAGI KELUARGA DAN MASYARAKAT
  • MEWUJUDKAN PELAYANAN KESEHATAN YANG BERMUTU, PROFESIONAL, MERATA DAN TERJANGKAU OLEH SELURUH LAPISAN MASYARAKAT
  • MEMELIHARA DAN MENINGKATKAN KESEHATAN PERORANGAN, KELUARGA DAN MASYARAKAT BESERTA LINGKUNGAN.

C. MOTTO LAYANAN : 5 S

SENYUM, SAPA, SALAM,SANTUN DAN SABAR SETULUS PELAYANAN KAMI

D. TATA NILAI : CERIA

C : CEPAT                : CEKATAN DAN TANGKAS DALAM SEGALA HAL

E : EMPATI               : MEMAHAMI DAN MERASAKAN APA YANG DIRASAKAN

R : RAMAH                :RAMAH DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA   PELANGGAN PUSKESMAS

I  : IKHLAS                : TULUS, SUKARELA TANPA PAMRIH

A : AKUNTABEL      : BISA DIPERTANGGUNGJAWABKAN

E. BUDAYA KERJA : 5 R

RINGKAS, RAPI,RESIK,RAWAT DAN RAJIN

F. MAKLUMAT PELAYANAN

DENGAN INI KAMI SELURUH KARYAWAN UPT PUSKESMAS BARONG TONGKOK MENYATAKAN SANGGUP MENYELENGGARAKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN YANG TELAH DITETAPKAN DAN APABILA TIDAK MENEPATI KAMI SIAP MENERTIMA SANGSI SESUAI DENGAN PERATURAN YANG BERLAKU.

KEPALA UPT. PUSKESMAS BARONG TONGKOK

ARBAYANTI, S.Kep.Ners.M.Si

PEMBINA / IV A

NIP.19690215 199102 2 001

Hubungi Kami

UPT Puskesmas Barong Tongkok
Jl. R.A. Kartini Kec. Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur Email – barongtongkokpkm@kutaibaratkab.go.id

Powered By