Rapat Lintas Sektoral UPT Puskemas Tingkat Kecamatan

Rapat Lintas Sektoral UPT Puskemas Tingkat Kecamatan

Pertemuan lintas sektoral tingkat Kecamatan Barong Tongkok yang di adakan di BPU Kecamatan Barong Tongkok pada tanggal 7 juni 2021 di buka langsung oleh bapak Camat Barong Tongkok dan di hadiri oleh seluruh petinggi se Kecamatan Barong Tongkok dan pihak keamanan Kecamatan Barong Tongkok, dalam upaya meningkatkan peran dan tugas lintas sektor serta mensinergikan semua lintas sektor dalam menanggulangi masalah-masalah kesehatan yang ada khusunya dalam upaya pencegahan dan penanggulangan covid 19 di Kecamatan Barong Tongkok.

Kegiatan ini dilaskanakan setiap tahun dengan menampilkan masalah-masalah kesehatan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Barong Tongkok berdasarakan masukkan dan temuan dari pemegang program-program kesehatan puskesmas, sehingga semua pihak dapat mengetahui permasalahan yang ada di wilayahnya, yang nantinya dapat menetukan rencana tindak lanjut dari maslah tersebut sehingga dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.

Hearing Bersama Dengan Komisi 3 DPRD Kutai Barat

Hearing Bersama Dengan Komisi 3 DPRD Kutai Barat

Kedatangan anggota Komisi 3 DPRD kutai Barat ke Puskesmas Barong Tongkok pada tanggal 30 Juli 2021 membahas tentang permasalahan kesehatan yang sedang berkembang di masyarakat antara lain, Vaksinasi Covid -19, Logistik obat2an bagi pasien Covid – 19 dan insentif Nakes. Komisi 3 DPRD menanyakan masalah-masalah yang dihadapi petugas kesehatan di Puskesmas Barong Tongkok terkait info yang beredar bahwa Ketersedian Vaksin sangat terbatas dan logistik obat-obata terutama Antivirus untuk pasien Covid – 19 sangat minim. Anga sebagai penanggung Jawab Vaksinasi menyampaikan bahwa pelaksanaan Vaksinasi tergantung dari ketersediaan Logistik Vaksin, pada saat ini Puskesmas Barong Tongkok belum menerima logistik Vaksin, sedangkan peserta yang mendaftar Vaksin sudah sangat banyak, dan akan di prioritas kan untuk warga yg berdomisili di Kecamatan Barong Tongkok. Selain itu Puskesmas Barong Tongkok juga tidak menerima Vaksinasi yang hanya untuk syarat terbang, karena resiko kegagalan atau drop out sangat besar setelah mendapatkan Vaksin 1 peserta tidak kembali untuk Vaksin yang ke 2.
Untuk ketersedian obat-obatan bagi Pasien Covid, dr. Shienowa sebagai dokter penanggung Jawab Covid – 19 di Puskesmas Barong Tongkok menyampaikan bahwa obat antivirus yg di terima tidak sesuai dengan jumlah pasien Konfirmasi Covid – 19 di Wilayah barong sehingga banyak pasien yg tidak mendapatkan antivirus. Bu Arbayanti sebagai Kepala Puskesmas mengharapkan dukungan dari Komisi 3 DPRD untuk mengatasi masalah tersebut. Pak Yahya Marthan menyampaikan bahwa sebisa mungkin semua pasien Covid – 19 di pantau dengan baik dan prioritaskan Warga kutai Barat untuk mendapatkan Vaksin Covid – 19

Kampung Siaga Covid-19

Kampung Siaga Covid-19

Pepas Eheng ( 14 november 2021 )kegiatan kampung siaga covid 19 bertujuan untuk mengingatkan kembali peran dan tanggung jawab semua unsur pemerintahan kampung dalam mengendalikan penularan covid 19 sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan dilapangan,untuk membantu pihak kampung dalam pengetatan prokes, maka  dari itu Puskesmas Barong Tongkok dalam setiap kegiatannya di selingi dengan pemberian bantuan masker kain di semua kampung

Kegiatan ini  dihadiri tokoh-tokoh masyarakat kampung dalam upaya pencegahan dan meningkatkan peran dan tugas lintas sektor di tingkat kampung sehinnga dapat menekan laju penyebaran dan memutus rantai penularan covid 19 di setiap kampung. Serta pemberian bantuan masker kain kepada aparat kampung dalam upaya meningkatkan protokol kesehatan.Kegiatan ini dilaksanakan disemua kampung dan kelurahan yang ada di kecamatan Barong Tongkok.

Pelaksanaan Musyawarah Masyarakat Desa (Mmd) Di Kampung Juaq Asa 29 Agustus 2020

Pelaksanaan Musyawarah Masyarakat Desa (Mmd) Di Kampung Juaq Asa 29 Agustus 2020

Musyawarah masyarakat desa (MMD) dilaksanakan setelah dilakukan survey mawas diri yang dilaksanakan oleh kader kesehatan dengan mengumpulkan data- data masalah kesehatan yang ada di masyarakat kemudian menentukan prioritas masalah kesehatan  dikampung Juaq Asa yang dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat dalam  sehingga bisa secara bersama-sama aparat kampung dan tokoh masyarakat serta petugas kesehatan menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan baik dalam waktu segera dan jangka panjang dengan bantuan dana kampung maupun swadaya masyarakat.kegiatan ini dilaksanakan di semua kampung yang ada di kecamatan barong tongkok setiap tahun.

Pemeriksaan Kebugaran Calon Jemaah Haji Tanggal 23 Maret 2021

Pemeriksaan Kebugaran Calon Jemaah Haji Tanggal 23 Maret 2021

Kegiatan ini di laksanakan di alun-alun  itho untuk memantau kesehatan fisik secara umum, sehingga dapat mendeteksi masalaha-masalah kesehtan yang mengganggu persiapan haji bagi para calon jamaah haji agar kesehatan meraka tetap terjaga. Jumlah calon jamaah haji yang di periksa sebanyak 14 orang dengan tenaga kesehatan yang terlibat sebanyak 5 orang. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan setiap 6 bulan sekali

Pembagian Vitamin A di Posyandu Sederhana Kampung Rejo Basuki

Pembagian Vitamin A di Posyandu Sederhana Kampung Rejo Basuki

Pelaksanaan pembagian Vitamin A di Posyandu Sederhana kampung Rejo Basuki (10 Febreuari 2021). Pembagian Vitamin A ini Terdiri dari 2 Kelompok umur yaitu Bayi usia 6-11 Bulan(mendapatkan Kapsul Biru) dan Balita Usia 12-59 Bulan(mendapatkan kapsul merah)

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan dan kinerja berbagai organ tubuh seperti Mata, Kulit dan Sistem kekebalan tubuh. Pembagian vitamin A dilaksanakan setiap 6 Bulan sekali pada bulan Februari dan Agustus dengan waktu pelaksanaan bersamaan dengan posyandu dari pukul 09.00-11.00 Wita.

Petugas Puskesmas Bersama Dengan Team Penanganan Covid -19 Kampung Ngenyan Asa Memberikan Bantuan

Petugas Puskesmas Bersama Dengan Team Penanganan Covid -19 Kampung Ngenyan Asa Memberikan Bantuan

Team penanganan Covid -19 Kampung Ngenyan Asa ( 23 Juni 2021). Petugas Puskesmas bersama dengan Team penanganan Covid -19 Kampung Ngenyan Asa memberikan bantuan berupa obat2an dan cairan pembersih ( desinfektan) kepada pasien ter Konfirmasi Covid -19 di Ngenyan Asa. Dalam 1 minggu terakhir ada penambahan 2 kasus baru terkonfirmasi dari Kampung Ngenyan Asa kedua nya merupakan pelaku perjalanan dari luar daerah. Saat ini kondisi pasien dalam keadaan baik dan bersedia menyelesaikan masa karantina mandiri. Kepala Kampung Ngenyan Asa Pak Pinus menghimbau warga nya agar semakin memperketat Protokol kesehatan untuk mencegah semakin meluasnya Covid – 19 di Kampung Ngenyan Asa, di harapkan kedepan nya tidak ada lagi warga yg ter konfirmasi Covid -19.

Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Posyandu Gemilang 1 Kampung Asa (14 Mei 2021)

Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Posyandu Gemilang 1 Kampung Asa (14 Mei 2021)

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 sampai 36 minggu. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, persalinan, nifas, kb, menyusui, bayi baru lahir, mitos dan kepercayaan setempat, dan info-info lain. Dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan, di lakukan evaluasi terhadapi ibu hamil untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sasaran pada kelas ibu hamilsebaiknya ibu hamil pada usia kehamilan 4 sampai 36 minggu. Jumlah peserta kelas ibu hamil maksimal 15 orang setiap kelas, jika di perlukan suami/keluarga di ikutsertakan. Dilakukan di pagi hari saat pelaksanaan posyandu dengan waktu sampai 120 menit.

Kegiatan rutin setiap tahun ini di laksanakan bagi para ibu hamil dan pasangan di posyandu setiap tiga bulan sekali sesuai dengan jam pelaksanaan pukul 09.00 sampai dengan 11.00 sebagai persiapan dan pencegahan terhadap resiko kesehatan pada saat hamil dan melahirkan sehingga mengurangi terjadinya kematian ibu dan anak.

Sosialisasi Vaksin Covid-19

Sosialisasi Vaksin Covid-19

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pasrtisipasi masyarakat dalam pelaksanaan vaksin dan menjelaskan informasi-informasi tentang vaksin serta menghilangkan ketakutan masyarakat tentang vaksin yang tidak benar yang di laksanakan oleh petugas promosi kesehatan, dokter serta pengurus kampung dan di hadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat kampung pada tanggal 5 April 2021 di Kampung Geleo Asa.

Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Untuk melawan virus, maka hal utama yang perlu kita lakukan adalah menerapkan germas untuk melakukan tindakan pencegahan, diantaranya dengan rajin melakukan aktifitas fisik, sering mencuci tangan pakai sabun, menerapkan etika batuk, memakai masker serta menjaga kebersihan lingkungan

Sosialisasi germas dalam upaya peningkatan pola perilaku hidup sehat serta meningkatkan peran serta masyarakat agar dapat melaksanakan germas sebagai bentuk partisipasi  pencegahan covid 19. Kegiatan ini di lakukan di beberapa kampung yang ada di wilayah kerja UPT. Puskesmas Barong Tongkok

Hubungi Kami

UPT Puskesmas Barong Tongkok
Jl. R.A. Kartini Kec. Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur Email – barongtongkokpkm@kutaibaratkab.go.id

Powered By